Test

 

 
     

Ya Ajjaban.

Kamis, 03 Februari 2011

Disparatis Asumsi Seputar Wahabi

Ajaran yg di prjuangkn grakan wahabi, sbenarnya hanya mnginginkn umat Islam bs kmbali pd ajaran al-Quran & Hadits, namun tindakan2 kontroversi yg dilakukan demi mewujudkan pemurnian aqidah, mnimbulkn brbagai asumsi bragam.

Disparatis umat Islam trhadap wahabi tak lepas dr pengaruh kontroversi & kondisi yg mmpengaruhi grakan ini, serta objektifitas umat Islam itu sendiri. Stidaknya slama uniq bergelut perang syaraf dgn mereka di dunia maya, ada tiga asumsi yg menyoroti prkembangan sekte yg muncul di teluk arab ini.

1-Fanatisme Wahabi Sbagai Solusi.
Puritanisme aliran ini dianggap sbgai salah satu solusi trbaik untuk mlakukn rekonsruksi & purifikasi ajaran Islam yg trkontaminasi perbuatan khurafat & bidah. mrka meyakini, bhw dekadensi moral, hegemoni, & pamor Islam brsumber dr prilaku umat yg mnyimpang dr tuntunan al-Quran & Sunnah.
Konsistensi trhadap al-Quran & Hadits mrupakn sumber kejayaan Islam, sbgaimn yg prnah dicpai oleh para Sahabat-Tabi'in. Prinsip inilah yg sharusnya trtanam pd jiwa Islam.
Dgn dmikian, sgl prbuatan umat trkontrol oleh hukum yg murni dr al-Quran & Hadits. yg nantinya akan mmbwa Islam untuk mnemukn kmbali kejayaannya.


2-Rekonsruksi Delusif & Gerakan Revolusioner.
Salah satu revolusi radikal sekte wahabi adlh dgn meratakan makam para Nabi, Sahabat, & para Wali. dlm pandangan mrka, kuburan itu mrupakan titik sensitif yg menggiring umat untuk mengkultuskan selain Allah. mrk jg mengharamkan tawasul yg kerap kali dilakukan.
Antipati trhadp wahabi disbabkn dasar2 yg dgunakn msh jauh dari KRITERIA DI TERIMA. sbb, mrka menyalahi aturan2 Ulama Pendahulu & tdk mengakui eksistensi Sahabat.
Slain itu, konsistensi wahabi trhdp Sunah & aplikasinya, hanya mngambil SEBAGIAN hadits yg dirasa sesuai dgn misi&visi grakannya. Sdangkn Sunah yg tdk sejalan dgn keinginan mrka, ditinggalkn bgtu sj dgn dalih di anggap sbgai hadits dlo'if yg ditolak.
Para pnentang wahabi jg menyatakan. bhw grakan ini tak lain hanyalh SEMPALAN dr khowarij, yg munculnya murni krn faktor politik.

3-Doktrin Kondisional yg Kontroversial.

Scra historis, kmunculan wahabi mmg didorong oleh faktor kondisi politik & sosial-ekonomi yg tdk menentu, trutama prilaku keagamaan umat Islam yg mengkhawatirkan. Di satu sisi, lahirnya wahabi di jazirah Arab sngat membantu pmulihan tatanan & klstrian aqidah syariah agar tdk trkontaminasi.
Di sisi lain, kontroversi yg ditmpuhnya mncpai titk KETERLALUAN.

Skrng, trgntung kita mnentkan prspsi kyakinan masing2.

1 komentar: